Perbaiki Kualitas Hidup Melalui Toilet Yang Layak

21/10/2015

Meskipun banyak yang tidak ngeh, setiap tanggal 19 November, Hari Toilet Sedunia yang digagas oleh PBB sejak tahun 2013 ini, tetap diingat oleh sejumlah masyarakat. Hari tersebut diperingati dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat di dunia akan pentingnya akses toilet, serta merupakan hak manusia untuk mendapatkan sanitasi dan air bersih.

Tahun ini, peringatan Hari Toilet Sedunia fokus pada hubungan antara sanitasi dan gizi. Untuk itu Monsanto Indonesia bekerjasama dengan Habitat for Humanity Indonesia, sepakat untuk meningkatkan kualitas hidup sehat warga Mojokerto melalui program WASH (Water Access Sanitation, and Hygiene).

Penduduk Mojokerta yang tinggal di Desa Mojorejo dan Bendung, sebelumnya hidup dalam kondisi pra-sejahtera. 65% dari mereka tinggal di rumah yang tidak layak, dan membuang hajat menggunakan wc jemblung dan bul yang berada di tengah hutan jati. Tentunya sangat sulit mencapai wc ini di kala hujan.

Kini warga desa tersebut bisa mendapatkan sarana dan pra-sarana MCK, saluran air bersih, perbaikan rumah, sekolah, dan lain-lain dari program WASH ini.

Program yang dilakukan sejak tahun 2014 ini, dan berakhir di tahun depan menargetkan :

 1. 100 keluarga mendapat saran dan pra-sarana MCK sehat.

 2. 300 keluarga mendapat akses saluran air bersih

 3. 200 keluarga pra-sejahtera mendapatkan rumah yang layak.

 4. Renovasi sekolah

 5. 1 klinik desa dibangun untuk memudahkan akses layanan kesehatan bagi warga desa.